Pengertian dan Fungsi Microsoft
Access
Pengertian Microsoft Access. Bagi
anda yang pernah mengenyam pendidikan komputer di Sekolah, pasti sudah tidak
asing lagi dengan aplikasi Microsoft Word, Excel dan Powerpoint.Word digunakan
untuk mengetik dokumen, Excel untuk membuat tabel, dan Powerpoint untuk
merancang presentasi.Kebanyakan orang hanya mengetahui ketiga aplikasi
Microsoft ini, padahal masih banyak aplikasi Microsoft lain yang mempunyai
fungsi tak kalah penting dari Word,Excel dan Powerpoint.Salah satunya yaitu
Microsoft Access. Pertama kali anda membuka Microsoft Access, pasti anda merasa
asing.Gimana sih bikin tabel ,ini fungsinya buat apaan ya.Memang microsoft
access agak berbeda dari aplikasi microsoft lainnya. Microsoft Access adalah
aplikasi yang berguna untuk membuat, mengolah, dan mengelola basis data atau
lebih dikenal dengan database.Database adalah kumpulan arsip data berbentuk
tabel yang saling berkaitan untuk menghasilkan informasi.Data digunakan sebagai
masukan yang akan diolah menjadi informasi. Fungsi Microsoft Access untuk
membuat database (basis data) untuk membuat program aplikasi persediaan barang
untuk membuat program aplikasi gaji pegawai untuk membuat program aplikasi
kehadiran Sebenernya Microsoft access itu buat ngapain sih ? Coba kita buat
perumpamaan dari usaha rental DVD.Seorang pemilik rental DVD kewalahan mencatat
data DVD dan transaksi sewa DVD yang terjadi setiap harinya.Lalu dia memutuskan
untuk menggunakan Microsoft Access. Pertama, kumpulan data dari DVD seperti judul
film, genre, sutradara, harga dvd dimasukan terlebih dulu.Nantinya data
tersebut bisa dibuat form seperti gambar ini. Lalu tinggal memasukkan data para
member (orang yang menyewa DVD) , serta memasukkan data transaksi
penyewaanya.Jika sudah, anda bisa membuat laporan secara otomatis seperti
gambar dibawah ini Pastinya pengolahan database akan lebih mudah dan cepat
menggunakan aplikasi Microsoft Access
http://www.burung-net.com/2014/03/pengertian-dan-fungsi-microsoft-access.html
http://www.burung-net.com/2014/03/pengertian-dan-fungsi-microsoft-access.html
Pengertian Microsoft Access dan
Fungsinya – Dalam mengoperasikan sebuah
komputer, kita sudah sering mendengar tentang berbagai program aplikasi untuk
mempermudah pekerjaan seseorang. Program aplikasi yang sangat familiar saat ini
sangatlah banyak, misalnya aplikasi pengolah kata Microsoft Word pengolah angka
Microsoft Excel dan Microsoft powerpoint. Sebuah aplikasi tersebut tentu
memiliki fungsi, kegunaan, manfaat, keunggulan/kelebihan, kekurangan/kelemahan
masing-masing.
Pengertian dan Fungsi Microsoft
Access
|
Seperti yang kita ketahui, program
aplikasi Word, Excel, dan powerpoint sudah sangat melekat dalam rutinitas sehari-hari
semisal untuk pendidikan ataupun untuk bekerja. Ke populeran aplikasi ini
bahkan mengalahkan banyak program aplikasi keluaran Microsoft lain yang
fungsinya juga tidak kalah penting dari ketiga aplikasi tersebut.
Diantara banyak aplikasi microsoft,
tentu Anda masih sedikit awam mengenai Microsoft Access. Padahal microsoft
Access juga merupakan salah satu program yang dapat kita optimalkan dengan
baik.
Saat pertama kali membuka program
Ms. Access ini, tentu kita masih canggung dan asing akan tampilannya. Untuk
kegunaan dari aplikasi tersebut juga kita tidak tahu, apalagi mengoperasikannya
? Ya, memang Microsoft Access sedikit berbeda dari aplikasi lainnya jadi maklum
saja banyak orang yang asing dengan aplikasi ini. Daripada bingung
terus-terusan, mending simak ulasan berikut ini…
Pengertian
Microsoft Access
Apa itu Microsoft Access ? Microsoft
Access adalah program aplikasi keluaran Microsoft yang berguna untuk membuat,
mengolah, dan mengelola database (basis data).
Database (basis data) yaitu kumpulan
arsip data berbentuk tabel yang saling relasi atau berhubungan sehingga
menghasilkan informasi. Untuk menghasilkan sebuah informasi, diperlukan adanya
DATA untuk dijadikan sebagai masukan.
Data sebagai masukan yang akan
diolah dan informasi adalah hasil pengolahan dari data.
Apa
Fungsi Microsoft Access ?
Fungsi/kegunaan Ms.Access yaitu :
- Untuk membuat basis data (database).
- Untuk membuat program aplikasi jumlah peserta didik.
- Untuk membuat program aplikasi gaji karyawan.
- Untuk membuat program aplikasi penyimpan buku perpustakaan.
- Untuk membuat program aplikasi absensi.
- Untuk membuat program aplikasi persediaan barang.
- Dan lain-lain.
Masih bingung ? Iya.
Kita buat ilustrasi dari sistem
perpustakaan digital :
Seorang petugas perpustakaan
(librarian) akan jauh lebih efisien jika menyimpan kode bukunya dalam sebuah
database. Bayangkan saja jika tiap jamnya ada pelajar yang ingin pinjam buku,
tentu petugas itu sangat kewalahan mencatat kode buku yang dipinjam. Alhasil ia
pun memutuskan untuk membuat sebuah program aplikasi untuk perpustakaan. Dan ia
akan memilih menggunakan Microsoft Access.
Bagaimana caranya ?
Petugas akan memasukkan judul input
data sederhana seperti nama buku yang dipinjam, kode, nama siswa, tanggal
dipinjam, tanggal dikembalikan, dan sebagainya. Kemudian data itu dibuat
menjadi beberapa form.
Setelah selesai, tinggal memasukkan data sesuai judul inputan yang telah dibuat secara lengkap. Data-data yang telah dimasukkan selanjutnya akan diproses untuk membuat laporan secara otomatis sehingga lebih efisien waktu dan tenaga.
Setelah selesai, tinggal memasukkan data sesuai judul inputan yang telah dibuat secara lengkap. Data-data yang telah dimasukkan selanjutnya akan diproses untuk membuat laporan secara otomatis sehingga lebih efisien waktu dan tenaga.
Manfaat
Microsoft Access
- Menghemat waktu dan tenaga.
- Mempermudah pelaksanaan suatu pekerjaan yang terasa berat dan melelahkan.
Lalu, bagaimana dengan komponen
dalam Microsoft access ?
Secara umum Microsoft Access terdiri
dari :
- Table
- Database
- DBMS
- RDBMS
- Query
- PrimaryKey
- DDL dan DML
- Field
- Record
- SQL
- Dan lain-lain
0 komentar:
Posting Komentar