Tugas Sistem Operasi



 Soal dan Jawaban


J         1. Jelaskan Pengertian Sistem Operasi?
Jawab : Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS. Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi per angkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.


          2. Sebutkan Bagian-Bagian Sistem Operasi?
Jawab : Secara umum sistem operasi terdiri dari beberapa bagian 
- Mekanisme Booting yaitu meletakkan kernel ke dalam memori
- Kernel yaitu inti dari sebuah sistem operasi
- Command Interpreter atau Shell yang bertugas membaca input dari pengguna
- Pustaka-pustaka yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
- Driver  untuk berinteraksi dengan handware internal sekaligus untuk mengontrol mereka.

    3. Sebutkan Macam-Macam Sistem Operasi dan Contohnya?
Jawab : Microsoft Windows :
  1. windows 1.0
  2. windows 2.0
  3. windows 3.0
  4. windows 3.1
  5. windows ME
  6. windows NET
  7. windows 2000
  8. windows server 2000
  9. windows XP
  10. windows vista
Unix :


  1. Posix
  2. Gnu
  3. Zeath Os
  4. Sco Unix
  5. Macos/X
  6. Gnu
  7. Linux
  8. Bsd
  9. Xenix
  10. Aix

Mac OS :
  1. Apple I
  2. Apple II
  3. Apple DOS
  4. Apple Pascal
  5. Apple CP/M
  6. Apple III
  7. Apple ProDOS
  8. Apple Macintosh
  9. Mac OS X
  10. Mac OS X 10.2 – Jaguar
LINUX :
1. Fedora Core 4
2. Suse
3. Ubuntu 5.04
4. Knoppix 3.8
5. PC Linux OS
6. Mandrake 10.0


        4.   Jelaskan Macam-Macam Sistem Operasi?

Jawab :

1. Unix

Unix merupakan salah satu sistem operasi tertua. Unix adalah sistem operasi yang berbasis text, setiap perintah dilakukan dan dikerjakan dengan mengetikan perintah pada computer. Tidak ada tampilan grafis pada unix sehingga mouse tidak diperlukan ketika menggunakan sistem operasi ini. UNIX, merupakan sistem operasi berbasis text yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs dan didesign sebagai sistem operasi portable , multi tasiking dan multiuser

2. MS-DOS

MS-DOS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Bill Gates dan Paul Allen, hampir sama dengan unix, sistem operasi ini juga berbasis teks. Jadi untuk melakukan pekerjaan kita harus menggunakan perintah berupa tulisan. DOS adalah sistem operasi yang menggunakan interface command-line yang digunakan para pengguna komputer pada dekade tahun 1980-an. Untuk fasilitas booting komputer dan menjalankan beberapa aplikasi software, misalnya WS dan Lotus. Masih banyak fungsi DOS yang digunakan pada zaman sekarang, terutama dalam menyelesaikan beberapa troubleshooting pada hardware computer

3. Windows
Windows adalah sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interfaces) atau sistem operasi berbasis grafis. Windows adalah sistem operasi terpopuler didunia. Windows banyak digunakan karena kemudahanya, baik oleh pemula maupun untuk pengguna tingkat lanjut. Selain memiliki tampilan grafis paling menarik dari sistem operasi lainya, windows juga memiliki performa yang sangat stabil. Sistem operasi ini sengaja dibuat sedemikian rupa untuk memberikan kemudahan kepada penggunanya. Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.

4. Mac OS

Mac OS atau Machintos Operating System adalah sistem operasi buatan Apple Computer. Saat awal kemunculanya, sistem operasi ini dianggap sebagai yang terbaik, akan tetapi seiring dengan berjalanya waktu sistem operasi ini kalah bersaing dengan Windows. Saat ini sistem operasi Mac OS identik dengan kaum elite karena harga perangkatnya yang cukup mahal dan memang memiliki kualitas yang cukup baik. Mac OS juga merupakan sistem operasi berbasis GUI. Machintos Operating System khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.

5. Linux

Linux adalah sistem operasi Open Source, linux adalah sistem operasi gratis yang bebas dikembangkan oleh siapapun. Karena semua orang diperbolehkan mengembangkan linux, saat ini sudah tidak terhitung berapa banyak jumlah sistem operasi linux didunia ini. Akan tetapi dari semua sistem operasi linux yang ada semuanya dapat digolongkan dalam beberapa distro. Linux banyak digunakan oleh pengguna tingkat lanjut / mahir yang menginginkan sistem operasi dengan pertahanan yang kuat dan dukungan aplikasi yang sesui dengan kebutuhan.



  5    Jelaskan Fungsi Sistem Operasi?
Jawab :

- Sebagai jembatan antara perangkat keras dan program aplikasi yang dijalankan user. 
- Mengatur penggunaan perangkat keras oleh user. Sebagai program pengendali untuk menghindari kesalahan dan penggunaan sumber daya komputer yang tidak perlu.
- Sebagai manajer sumber daya hardware, seperti mengatur perangkat-perangkat pendukung seperti memori, printer, CD-ROM, dan lain sebagainya
- Resource manager, merupakan pengelolaan sumber daya dan mengalokasikannya, Contoh: memori, CPU, Disk Drive dan perangkat lainnya.
- Interface atau yang biasa disebut dengan tatap muka, yaitu sebagai perantara antara pengguna dengan perangkat keras dengan menyediakan tampilan kepada pengguna yang lebih mudah dipahami dan bersahabat (user friendly)
- Coordinator, Dalam hal ini sistem operasi berfungsi untuk mengatur semua aktivitas yang kompleks dari perangkat lunak sistem/perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan agar dapat berjalan sesuai dengan urutan yang benar. Selain mengatur semua aktivitas perangkat lunak, sistem operasi juga bertugas mengatur/mengelola semua aktivitas yang berhubungan dengan hardware, baik input device ataupun output device.
 - Guardian,  Hal ini dimaksudkan bahwa salah satu fungsi atau tugas dari sistem operasi adalah untuk memegang kendali proses, melindungi file dan memberi batasan pada pembacaan dan penulisan serta eksekusi data dan program. Sistem operasi juga dapat berfungsi sebagai pengatur tentang siapa saja yang dapat mengakses file, program dan sistem yang ada di komputer kita.
- Gate Keeper, berfungsi sebagai pengendali hak akses oleh pengguna yang mengendalikan siapa saja yang berhak masuk ke dalam sistem dan mengawasi apa saja yang dilakukannya.
- Optimizer adalah penjadwal masukan (input) oleh user, pengaksesan basis data, proses komputasi dan penggunaan.
Accountant befungsi untuk mengatur waktu CPU, penggunaan memori, pemanggilan I/O, disk storage, dan waktu koneksi terminal.
Server berfungsi untuk melayani segala sesuatu yang dibutuhkan oleh seorang user (pengguna).
- Interpretasi, Sistem Operasi berfungsi sebagai penerjemah perintah-perintah dan instruksi-instruksi antara User dan Sistem. Sebagai fasilitas komunikasi yang mudah antara sistem komputer dan User (pengguna).


Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar